Cara Uninstal Aplikasi di Laptop dengan Mudah Tuntas Tanpa Bekas

463
Cara Uninstal Aplikasi di Laptop dengan Mudah Tuntas Tanpa Bekas
Cara Uninstal Aplikasi di Laptop. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Bagi Anda yang belum mengerti bagaimana cara uninstal aplikasi di laptop, kali ini kita akan mengupasnya bersama-sama. Aplikasi yang sudah tidak berguna biasanya hanya akan menjadi sampah di penyimpanan. Tentunya juga akan memakan banyak ruang.

Jika hard disk laptop penuh, kinerja laptop tidak maksimal, sangat mengganggu produktivitas bahkan lemot. Dengan mencopot pemasangan aplikasi yang sudah tidak berguna, Anda bisa mengembalikan performa laptop. Selain itu, bisa sekaligus membersihkan file sampah yang sudah lama mendekam di laptop Anda.

Cara Uninstal Aplikasi di Laptop

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih saat akan mencopot aplikasi di laptop Anda. Simak ulasan di bawah ini.

1. Melalui Start Menu

Start Menu merupakan fitur yang disediakan oleh sistem Windows. Start Menu mempunyai suguhan akses mudah cepat ke berbagai folder, pengaturan sistem, dan program atau aplikasi. Di dalam Windows 10, Anda bisa mengklik menu Windows di sudut kiri bawah layar laptop Anda. Anda juga bisa menekan tombol Windows yang terletak di keyboard laptop Anda untuk bisa masuk ke Start Menu.

Selanjutnya setelah Anda berhasil membuka Start Menu, pilihlah aplikasi yang akan Anda copot. Klik kanan pada aplikasi lalu klik Uninstal. Tunggu beberapa saat sampai sistem sukses mencopot pemasangan aplikasi.

2. Melalui Control Panel

Control Panel masih tergabung dalam komponen dari Microsoft Windows yang isinya adalah fasilitas untuk mengatur dan memantau pengaturan sistem. Untuk bisa menghapus aplikasi melalui Control Panel ini, Anda harus membuka Control Panel terlebih dahulu.

Anda bisa membukanya melalui beberapa cara, yaitu, melalui fitur Search & Cortana, Windows Run, Shortcut Windows + R > ketik Control Panel, Power User, Shortcut Windows + X > Contol Panel, Windows Power Shell, dan, Command Prompt.

Setelah berhasil membuka Control Panel, pilihlah Uninstal a Program. Selanjutnya pilih aplikasi yang akan dicopot, kemudian tekan uninstal. Tunggu hingga proses uninstal aplikasi selesai.

3. Melalui Settings

Cara uninstal aplikasi di laptop yang selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur Settings yang terdapat di windows. Namun, Anda harus membuka jendela Settings terlebih dahulu. Caranya bisa melalui Start Menu > ikon Setting, Fitur Search & Cortana, Shortcut tombol windows + i pada keyboard, atau melalui power user, Command Prompt dan windows PowerShell.

Jika sudah, pilihlah Apps yang terdapat di jendela Settings. Kemudian pilih Apps & features. Di jendela Apps & feature Anda bisa memilih mana aplikasi yang ingin Anda copot, kemudian klik kanan adan pilih tombol uninstal. Ikuti proses pencopotan selesai.

4. Melalui Revo Uninstaller

Jika Anda menginginkan uninstal aplikasi tanpa ada yang tertinggal, Anda bisa mencoba aplikasi uninstal seperti Revo Uninstaller ini. Perlu Anda ketahui, jika menghapus aplikasi dengan ketiga cara diatas, kemungkinan besar masih meninggalkan registry aplikasi. Revo uninstaller ini akan memberikan pelayanan uninstal program aplikasi sampai tuntas ke akarnya secara gratis.

Pertama-tama, Anda bisa mendownload terlebih dahulu aplikasi Revo Uninstaller di laptop Anda. Setelah selesai penginstalan, buka aplikasi tersebut. Secara langsung, Anda akan diperlihatkan aplikasi-aplikasi yang ada di Laptop Anda. Ada beberapa cara yang dapat Anda pilih untuk menguninstal aplikasi yaitu,

  1. Pilih aplikasi yang akan diuninstal, klik ikon Uninstal yang terletak di menu aplikasi
  2. Selanjutnya pilih aplikasi yang akan diuninstal, klik kanan lalu pilih opsi uninstal
  3. Pilih aplikasi yang akan diuninstal, double click di aplikasi tersebut.

Selanjutnya yakni, tahap Scanning Mode. Silahkan pilih Advanced sehingga Revo Uninstaller dapat bekerja ke dalam sistem tanpa ada kendala. Selanjutnya pilih opsi Scan. Nanti akan tampil prosesnya, Anda tinggal menunggu hingga proses selesai.

Biasanya, Revo Uninstaller akan mendeteksi sampah file yang masih tertinggal. Anda tinggal mencentang file-file yang telah ditemukan dan pilih delete.

Apabila sampai proses berakhir masih terdeteksi junk files, centang kembali dan tekan tombol delete. Revo Uninstaller akan berhenti jika sampah telah bersih dan kembali ke posisi jendela awal aplikasi.

Itulah beberapa cara uninstal aplikasi di laptop. Semoga bermanfaat.