Fungsi Antena Router WiFi dan Cara Kerjanya

393
Fungsi Antena Router WiFi dan Cara Kerjanya
Fungsi Antena Router WiFi. Foto: Ilustrasi/Istimewa

Texno.ID – Fungsi antena router WiFi ada banyak sekali. Salah satu fungsi dari antena router WiFi adalah untuk memperkuat dan memancarkan sinyal pada perangkat. Sekaligus menerima sinyal dari perangkat lain yang terhubung ke jaringan WiFi tersebut. Karena itu, penting memilih antena router berkualitas, untuk memperoleh sinyal yang lebih kuat dan stabil.

Inilah Beberapa Fungsi Antena Router WiFi

Antena router menjadi komponen penting dalam sebuah jaringan nirkabel. Antena ini bertanggung jawab mengirimkan sekaligus memancarkan sinyal WiFi dari router ke perangkat yang terhubung. Secara sederhana, antena router wifi menjadi penghubung antar perangkat dengan dan sumber jaringan itu sendiri.

Dalam sistem kerjanya, antena router menerapkan prinsip elektromagnetik untuk memancarkan dan menerima sinyal. Di dalamnya terdiri dari elemen khusus untuk menghasilkan medan elektromagnetik, saat arus listrik melewatinya. Medan elektromagnetik tersebut akan menyebar keluar antena, lalu merambat melalui udara dalam bentuk gelombang radio.

Saat antena berhasil menerima sinyal WiFi, maka energi elektromagnetiknya berubah menjadi sinyal listrik. Sinyal inilah yang akan diproses oleh perangkat router. Terdapat beberapa jenis antena router, yang biasa terpasang pada WiFi adalah tipe internal dan eksternal. Antena internal umumnya terpasang di dalam perangkat router.

Sementara antena eksternal berada di luar perangkat, sehingga pengguna bisa mengatur arahnya untuk mengoptimalkan penerimaan sinyal. Berikut ini beberapa kegunaan antena router WiFi yang bisa Anda ketahui.

1. Meningkatkan Jangkauan Sinyal

Antena router memiliki tugas utama untuk memperluas jangkauan sinyal WiFi. Semakin banyak antena yang router miliki, maka jangkauan sinyalnya juga akan lebih mudah dicapai. Antena yang berkualitas akan sangat membantu memperkuat sinyal WiFi di daerah pelosok sekalipun.

2. Fungsi Antena Router WiFi untuk Mendongkrak Kecepatan Internet

Kegunaan antena router WiFi berikutnya adalah meningkatkan kecepatan internet. Pasalnya, antena yang kuat akan membantu mempercepat transfer data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses internet secara cepat dan anti lag.

3. Memperbaiki Kualitas Sinyal

Antena router juga bertanggung jawab dalam memperbaiki kualitas sinyal WiFi. Terlebih ketika WiFi terpasang di lingkungan yang penuh gangguan. Karena itu, penting sekali memilih kualitas antena yang unggulan, supaya efektif meminimalkan gangguan dan interferensi.

4. Memungkinkan Penggunaan Multi-User

Fungsi antena router WiFi yang tidak kalah penting adalah memungkinkan penggunaan multi-user. Artinya, sebuah antena membuka layanan bagi banyak perangkat untuk terhubung ke jaringan WiFi yang sama. Serta dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami penurunan kualitas sinyal.

5. Menjaga Keamanan Jaringan

Beberapa antena router mampu mengenkripsi data yang terkirim melalui jaringan WiFi. Sehingga mencegah akses yang tidak sah ke jaringan tersebut. Sehingga perangkat yang saling berkomunikasi dengan router adalah akses legal atau bukan akses dari hacker.

Itulah penjelasan singkat tentang cara kerja dan fungsi antena router WiFi yang bisa Anda ketahui. Sebelum memasang pastikan memilih antena router berkualitas, guna mendukung jaringan nirkabel yang lebih optimal. Sekian, semoga bermanfaat!