Internet Data Center Pertama di Indonesia Membawa Nama Tencent

0
191
Internet Data Center Pertama di Indonesia Membawa Nama Tencent
Ilustrasi Internet Data Center Pertama di Indonesia. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Internet Data Center pertama di Indonesia sudah diluncurkan oleh Tencent Cloud. Tencent Cloud sendiri merupakan salah satu bisnis milik Tencent.

Pengumuman mengenai peluncuran tersebut terjadi pada hari Senin tanggal 12 April 2021. Tujuan dari adanya peluncuran IDC tersebut adalah untuk memperkuat komitmen perusahaan guna memenuhi kebutuhan bisnis yang terus-menerus berkembang di Tanah Air juga Asia.

Mengenal Internet Data Center Pertama di Indonesia yang Harus Anda Ketahui

Perlu anda ketahui bahwa IDC pertama ini akan menambah jaringan infrastruktur Tencent Cloud yang telah menjangkau 27 wilayah dan 61 zona.

Bahkan pihaknya sendiri sudah mengatakan bahwa peluncuran IDC ini merupakan suatu kebanggaan tertentu. Pasalnya, menurut Poshu Yeung IDC ini juga akan membantu Cloud Computing secara optimal.

Lokasi dari IDC pertama di Indonesia ini berada di Jakarta. Sistem operasinya saat ini juga sudah optimal guna melengkapi akses backbone juga jaringan semua layanan internet yang ada di Indonesia.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi IDC juga sudah menggabungkan protokol perbatasan gateway yang mencapai ke semua negeri.

Maksud dan Tujuan Tencent untuk Indonesia

Dengan adanya peluncuran IDC pertama di Indonesia ini, tentunya sang pemilik juga mempunyai harapan yang besar. Tencent berharap supaya bisa lebih dekta dengan semua pelanggannya juga para pengguna guna mengurangi akses yang tertunda terhadap aplikasi dan data.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi membantu pelanggan guna memenuhi peraturan juga syarat kebutuhan untuk memberikan yang lebih pada pemulihan bencana di Asia Pasifik.

Selain itu, pendirian IDC ini juga akan menjadi pendukung kebutuhan bidang industri, keuangan, internet, juga e-commerce, hiburan, pendidikan plus game.

Mengapa di Indonesia?

Alasan mengenai Internet Data Center di Indonesia ini adalah pasar cloud publik yang tumbuh paling cepat se Asia Pasifik. Pertumbuhan tersebut membawa CAGR 25% juga pertumbuhan di pasar akan meningkatkan kebutuhan layanan cloud yang selalu meningkat di kawasan Asia.

Selain itu, populasi anak muda juga lebih banyak sehingga memiliki dividen demografi internet dengan cepat dan besar. Perlu anda catat juga peluncuran Internet Data Center pertama di Indonesia ini juga sudah mempunyai dukungan keamanan dan infrastruktur selama 24/7.

Sudah mendapatkan sertifikasi yang menyatakan bahwa IDC itu memiliki standar keamanan juga keselamatan yang tinggi. Seperti Uptime Institute Tier III-Design & Facility, ISO 14001, PCI DSS, dan paling penting adalah SNI.

Perusahaan yang Menggunakan IDC Terbaru

Setelah terjadi peristiwa peluncuran IDC pertama di Indonesia, banyak perusahaan yang sudah menggunakannya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

BNC (Bank Neo Commerce)

Bank Neo Commerce merupakan bank digital pregresif Indonesia yang sudah mempunyai sistem inti dengan adanya dukungan penuh dari TDSQL (Tencent Distributed Databased). Adanya kerjasama ini, membuat TDQSL melesat jauh ke luar negeri guna meningkatkan arsitektur di jasa keuangan.

Perusahaan JOOX

Perusahaan JOOX merupakan platform streaming musik juga hiburan paling berdedikasi se-Asia. Namun setelah bekerja sama dengan Internet Data Center pertama di Indonesia, Tencent Cloud memberikan berbagai macam layanan hiburan, kecuali musik, bi karaoke, virtual bahkan hingga konser.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi Tencent juga mampu menampilkan lirik lagu yang sesuai dengan timeline audio musik. Sampai saat ini juga Tencent masih mendukung banyak siaran langsung dengan aplikasi JOOX tersebut. Misalnya adalah ajang tahunan Mnet Music Awards (MAMA).

Perusahaan Aestron

Aestron merupakan perusahaan yang juga menggunakan Internet Data Center pertama di Indonesia yang sudah Tencent luncurkan.

Aestron sendiri menawarkan platform enterprise yang bisa menjadi solusi layanan untuk sosial komunikasi real-time anda. Dengan menjalin kerja sama dengan Tencent ini, Aestron menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Perusahaan WeTV

Mengenai kerjasamanya bersama Tencent Cloud ini, WeTV ingin mewujudkan komitmen dalam menciptakan pengalaman menonton yang nyaman untuk semua pengguna.

Di Indonesia sendiri, WeTv merupakan platform yang selalu menyediakan hiburan dengan kualitas premium Asia, lengkap dengan berbagai fitur yang menarik, terjemahan bahasa Indonesia, juga menyuguhkan kualitas gambar yang tinggi.

Nah, beberapa perusahaan tersebut sudah menjalin kerjasama dengan Tencent mengenai Internet Data Center pertama di Indonesia yang sudah diluncurkannya.