Cara Copas Status FB Lite? Ini Dia Dua Cara yang Mudah dan Praktis

458
Cara Copas Status FB Lite? Ini Dia Dua Cara yang Mudah dan Praktis
Ilustrasi Cara Copas Status FB. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara copas status FB sebenarnya dapat kamu lakukan dengan mudah. Konten yang menarik biasanya membuatmu ingin menyalinnya.

Facebook atau FB adalah sebuah platform media sosial terbesar, bahkan hingga saat ini. Facebook dapat dikatakan pelopor adanya platform media sosial lainnya.

Kamu bisa saling mengikuti di Facebook dengan teman-temanmu di dunia nyata dan mengunggah foto, video, maupun status yang menarik.

Panduan Cara Copas Status FB Lite Dengan Mudah

Seperti halnya blog, Facebook juga memungkinkan para penggunanya untuk mengunggah status. Kamu bisa menulis sebuah postingan yang panjang dan tidak terbatas dengan angka seperti tips dan trik, opini, cerpen, jurnal, dan konten lainnya.

Karena tidak ada batasan dalam menulis konten, maka banyak sekali karya kreatif dan menarik yang ada di Facebook. Tentunya terkadang kamu ingin mengunggah kembali sebuah konten yang menarik bukan?

Facebook Lite merupakan versi dengan ukuran lebih kecil dari aplikasi aslinya. Fitur yang ditawarkan aplikasi ini juga menjadi terbatas.

Kamu dapat mengunggah kembali sebuah konten dengan cara copas atau menyalinnya. Namun, beberapa orang menemukan cara copas status FB sangat sulit. Kerap kali para pengguna Facebook Lite kesulitan untuk menyalin status di sini. Simak berikut caranya.

Menggunakan Desktop Mode di Browser

  1. Buka aplikasi Facebook Lite pada ponselmu.
  2. Cari akun orang yang ingin kamu salin statusnya.
  3. Bukan akun tersebut dan pilih postingannya.
  4. Klik tanda titik tiga pada sudut atas samping nama pengguna.
  5. Pilih menu Salin Tautan kemudian keluar dari aplikasi.
  6. Buka web browser Google atau lainnya di ponsel kamu.
  7. Klik bar Cari dan tempel link tautan.
  8. Setelah terbuka, klik titik tiga pada pojok atas layar untuk mengubah tampilan menjadi desktop.
  9. Scroll kebawah sampai menemukan menu situs desktop.
  10. Klik hingga muncul tanda centang hijau.

Setelah tampilan sudah menjadi seperti Desktop, kamu bisa menahan tulisan di status beberapa saat. Nantinya akan langsung muncul pilihan salin.

Menggunakan Aplikasi OCR (Optical Character Reader)

Cara copas status FB lainnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi tambahan. OCR merupakan sebuah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengubah foto atau gambar menjadi teks.

  1. Buka Facebook dan lakukan screenshot (tangkapan layar) pada status FB yang ingin kamu salin.
  2. Download aplikasi OCR pada Google Play Store atau App Store (Jika kamu menggunakan Xiaomi, maka tidak perlu mengunduh lagi dan bisa langsung pergi ke aplikasi bawaan ponsel bernama aplikasi pemindai).
  3. Buka aplikasi OCR yang sudah kamu download dan unggah tangkapan layar dengan menyentuh simbol galeri.
  4. Jika sudah kamu pilih, klik Sesuaikan untuk mengatur bagian teks mana saja yang ingin kamu jadikan teks.
  5. Setelah menyesuaikan gambar, klik OCR.

Setelah itu aplikasi akan memproses. Tunggu dan salin hasil text yang tersedia. Aplikasi OCR juga bisa kamu gunakan untuk mengubah foto atau gambar lain menjadi text dokumen, tidak hanya pada status Facebook.

Selain dua cara di atas, kamu juga bisa menyalin dengan bantuan aplikasi salin text yang ada di Google Play Store atau App Store. Salah satu rekomendasinya adalah aplikasi FBcopyTXT untuk para pengguna iOS dan aplikasi Copy Paste untuk Android.

Sebelum melakukan cara copas status FB di atas sebaiknya utama izin kepada pemilik konten untuk menghindari pelanggaran hak cipta dan tuntutan hukum. Jika sudah mengantongi izin, maka kamu bisa mengunggah kembali dengan tetap membelikan credit (cr) akun pembuatnya.