Home Sains Fakta Teleskop James Webb Meluncur untuk Ungkap Rahasia Semesta

Fakta Teleskop James Webb Meluncur untuk Ungkap Rahasia Semesta

181
Fakta Teleskop James Webb Meluncur untuk Ungkap Rahasia Semesta
Ilustrasi Fakta teleskop James Webb. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Fakta teleskop James Webb sangat penting untuk Anda ketahui, sebab saat ini sudah berhasil meluncur, lebih tepatnya pada hari Natal kemarin. Walaupun pernah mengalami penundaan beberapa kali, ada juga ilmuwan yang belum dapat bernapas lega.

Sebab masih ada banyak tahapan yang cukup menegangkan yang perlu dilalui sampai teleskop duduk pada posisinya. Tentunya Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat NASA pun menaruh harapan cukup besar terhadap teleskop itu.

Intip Fakta Teleskop James Webb

Akhirnya NASA telah berhasil menghadirkan teleskop ke luar angkasa bernama James Webb di pelabuhan antariksa Kourou, French Guyana. Kabarnya teleskop itu menjadi teleskop observatorium terkuat yang pernah dibangun.

Selain itu, teleskop itu tampaknya akan menjawab semua pertanyaan penting mengenai alam semesta sejak 13 miliar tahun yang lalu. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui fakta yang sebenarnya tentang teleskop tersebut.

Cermin Teleskop Lebih Besar dan Paling Ringan

Setiap masing-masing dari segmen cermin utamanya, saat pertama kali diproduksi memiliki bentuk piringan yang melengkung dengan massa 250 kg.

Sementara setelah selesai tercipta, maka bobot tersebut berkurang menjadi 21 kg. Tentunya pencapaian hingga pengurangan 92% ini memiliki cara menarik.

Lebih Ringan daripada Hubble

Fakta teleskop James Webb ini ternyata jauh lebih ringan daripada teleskop Hubble walaupun ukurannya terbilang lebih besar. Nah sebagai perbandingannya, maka Hubble berdiameter 2,4 meter sementara James Webb berdiameter 6,5 meter.

Apabila kita meletakkannya keduanya tepat pada sakala di Bumi, maka Webb akan memiliki massa sebesar 6.500 kg. Tentunya ini merupakan sebuah prestasi rekayasa yang sangat luar biasa, sebab setiap komponen Webb lebih ringan.

Memiliki Cermin Emas

Salah satu pusat dari teleskop ini yaitu memiliki ukuran yang cukup besar. Struktur cekung dengan lebar 6,5 meter. Selain itu cermin tersebut terdiri dari 18 buah cermin heksagonal yang berukuran lebih kecil.

Fakta teleskop James Webb ini walaupun terbuat dari bahan material berilium, namun terlihat seperti emas untuk memantulkan cahaya inframerah. Tidak hanya itu saja, melainkan teleskop ini mempunyai 4 instrumen ilmiah yang memenuhi 2 tujuan.

Menjalankan 2 Misi Utama

Teleskop James Webb ini mempunyai dua misi utama dan sama-sama mencakup hingga lebih dari 50% waktu pengamatanya. Untuk misi pertamanya yaitu menjelajahi fase awal sejarah kosmik dengan cara melihat ke belakang. Dengan tugas tersebut, maka para astronom dapat melihat bagaimana galaksi pertama dan bintang terbentuk.

Sementara untuk tujuan yang kedua yaitu penemuan planet luar tata surya atau exoplanet. Sehingga James Webb mampu menyelidiki potensi kehidupan di dunia itu.

Tidak hanya itu saja, melainkan juga bisa menyelidiki potensi kehidupan dengan cara mempelajari atmosfernya. Mungkin beberapa fakta teleskop James Webb itu cukup menarik untuk Anda ketahui.