Cara Mendownload Sertifikat Vaksin dengan Aplikasi Maupun Website

353
Cara Mendownload Sertifikat Vaksin Dengan Aplikasi Maupun Website
Ilustrasi Cara Mendownload Sertifikat Vaksin. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara mendownload sertifikat vaksin wajib Anda ketahui. Karena, pemerintah mulai mewajibkan masyarakatnya memilikinya. Jika Anda sudah melakukan suntik vaksinasi Covid-19, dapat simak artikel ini. Karena sertifikat vaksin merupakan hal yang wajib masyarakat miliki yang akan beraktivitas luar rumah. Aturan tersebut menjadi sebuah usaha pemerintah dalam beradaptasi pada masa pandemi.

Kemudian, penerapan kebijakan dengan bertahap, yakni mulai dari syarat seseorang untuk memasuki pusat perbelanjaan, berkendara untuk perjalanan domestik, syarat bepergian menggunakan transportasi umum.

Jika Anda sudah melakukan vaksinasi, sertifikat akan secara otomatis masuk kedalam sistem yang terdapat di laman PeduliLindungi dalam waktu dekat. Anda hanya perlu mendownload ataupun menunjukan QR Code dari laman website ataupun aplikasi PeduliLindungi saat akan terpakai. 

Cara Mendownload Sertifikat Vaksin dari Aplikasi

Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan.

– Download aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu lewat Play Store atau App Store.

– Setelah selesai mendownload, Buka aplikasi dan buat akun dengan mengisi nama lengkap, nomor ponsel, dan nomor KTP (NIK) atau login bagi yang sudah mendaftar.

– Masukkan kode OTP untuk verifikasi. Kode OTP dikirim lewat SMS ke nomor yang sudah didaftarkan saat vaksinasi.

– Berikan akses izin akses lokasi, kamera dan penyimpanan untuk menunjang aplikasi

– Setelah berhasil, Anda akan melihat tampilan menu dashboard Aplikasi PeduliLindungi pilih paspor digital.

– Lalu akan muncul Sertifikat Vaksin dan Hasil Test Covid-19, kemudian klik menu “Sertifikat Vaksin”, dan akan ditampilkan nama lengkap, dan klik pada bagian nama Anda.

– Akan muncul sertifikat pertama dan kedua, klik gambar Sertifikat Vaksin, dengan begitu anda bisa melihat detail sertifikat.

– Klik “Unduh Sertifikat” dibagian kiri bawah  jika ingin di download.

Mendownload dengan Website

Karena memori penyimpanan yang tidak mencukupi membuat banyak orang merasa enggan atau tidak bisa mendownload sertifikat vaksin melalui aplikasi. Maka dari itu, pemerintah menyediakan website untuk mengatasi solusi tersebut. Ini dia cara mendownload sertifikat vaksin menggunakan website.

– Anda hanya perlu buka situs pedulilindungi.id

– Kemudian pilih menu login/registrasi yang berada di bagian sudut kanan atas (jika Anda belum mempunyai akun Pedulilindungi)

– Setelah itu, Anda diminta untuk mengisi nama lengkap sesuai KTP dan nomor hp yang digunakan untuk mendaftar vaksinasi sebelumnya.

– Setelah terisi semua, pilih buat akun kemudian masukan enam digit kode OTP yang sudah dikirim ke nomor Anda melalui SMS

– Akun PeduliLindungi sudah siap dan Anda sudah bisa login, lalu mengecek sertifikat vaksin.

– Untuk mengecek sertifikat Covid-19, Anda bisa melakukan hal berikut.

– Login ke PeduliLindungi dengan buka situs pedulilindungi.id 

– Ketik nama lengkap, NIK, tanggal lahir dan tanggal vaksinasi

– Centang pada kolom captcha

– Klik periksa dan status vaksin Covid-19 akan segera muncul

– Untuk mendownload sertifikat Anda hanya perlu login di PeduliLindungi, lalu klik kanan atas pada gambar strip tiga. Klik nama Anda lalu pilih sertifikat vaksin untuk memunculkan sertifikat vaksin. Setelah itu klik gambar sertifikat vaksin, di pojok bawah klik unduh untuk mendownload sertifikat.

Cara Memperbaiki Data yang Salah

Jika pada sertifikat vaksin Covid-19 terdapat kesalahan data. Ada baiknya Anda segera memperbaiki sertifikat tersebut.

Kementerian kesehatan menjelaskan bagaimana cara memperbaiki data yang salah. Caranya hanya dengan mengirimkan email ke [email protected].

Email yang akan dikirim menggunakan format nama lengkap, NIK KTP, tempat tanggal lahir dan nomor handphone Anda.

Supaya langsung diproses, maka Kemenkes menghimbau Anda menuliskan biodata lengkap serta melampirkan foto. Lalu, juga membawa KTP serta menjelaskan keluhan secara rinci.

Itulah bagaimana cara mendownload sertifikat vaksin tanpa ribet.