Nama Nama Galaksi di Alam Semesta yang Terbesar dan Terkecil

66
Nama Nama Galaksi di Alam Semesta yang Terbesar dan Terkecil
Ilustrasi Nama Nama Galaksi di Alam Semesta. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Nama nama galaksi di alam semesta yang bisa Anda tahu. Di alam semesta ada banyak galaksi dengan nama nama yang berbeda. Alam semesta terbentuk karena adanya sebuah ledakan energi sangat besar sekitar 15 juta tahun lalu. Menurut para ilmuwan cahaya dari tepi alam semesta membutuhkan waktu lama untuk mencapai bumi. galaksi tercipta akibat lemparan materi ke ruang angkasa. Galaksi menjadi kumpulan jutaan bintang yang berotasi dan salah satunya yaitu matahari.

Nama Nama Galaksi di Alam Semesta, Ini Daftarnya

Manusia berada di bumi sebagai salah satu planet yang mengelilingi matahari. Benda benda langit lainnya tersebut merupakan sebuah sistem tata surya. Tata surya tersebut berada dalam salah satu galaksi.

Tata surya kita berada di galaksi Bima Sakti. Selain galaksi Bima Sakti sebenarnya ada banyak nama nama lainnya yang bisa Anda tahu. Di alam semesta sendiri ada sekitar 100-200 milyar galaksi.

Sejauh ini nama galaksi tersebut diberi nama dengan nomor katalog. Misalnya saja M51, GN-z11, dan IOK-1. Meski tergolong sulit, namun susunan angka dan huruf cukup penting bagi para astronot.

Galaksi Terbesar di Alam Semesta

Nama nama galaksi di alam semesta cukup beragam. Namun dari setiap jenisnya memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya saja jenis galaksi terbesar memiliki nama yang berbeda. Berikut ini ada beberapa nama galaksi terbesar ya bisa Anda tahu yaitu:

  1. Galaksi IC 1101 dengan diameter lebih dari 5 juta tahun cahaya.
  2. Bima Sakti atau Milky Way dengan bentang sekitar 100.000 tahun cahaya. Ketebalan bagian tengahnya hingga 15.000 tahun cahaya.
  3. Galaksi A1689-zD1 menjadi terjauh dan tertua di alam semesta. Jaraknya perkiraan 13 miliar tahun cahaya dari planet bumi.
  4. Andromeda memiliki bentuk spiral terbesar dalam kelompok lokal berdiameter sejauh 220.000 juta tahun cahaya.
  5. Galaksi NGC 1907 memiliki luban hitam sngat besar. Letaknya 50 juta tahun cahaya yang tampak dari bumi seperti spiral.
  6. Black Eye memiliki tampilan pita gelap untuk menyerap debu. Memiliki diameter sekitar 52.962 tahun cahaya.

Galaksi Terkecil di Alam Semesta

Selain galaksi terbesar di alam semesta terbesar tentu ada juga yang terkecil. Rekor galaksi terkecil yang pernah diamati yaitu Sagittarius Dwarf Irregular Galaxy atau disingkat dengan SagDIG.

Galaksi yang satu ini tergolong kerdil dan berbeda dengan yang lainnya. SagDIG diklasifikasikan sebagai galaksi dengan bentuk tidak beraturan.

Memiliki jarak 3 juta tahun cahaya jauh dari bumi. Galaksi dengan jumlah bintang sedikit perkiraan hanya 3.000 tahun cahaya. Galaksi ini termasuk yang memiliki unsur logam sedikit.

Memiliki beberapa gugus bintang muda dan ada pula yang usianya tua. Secara menyeluruh galaksi terkecil ini membantu para astronom memahami bagaimana alam semesta berevolusi.

Nama nama galaksi di alam semesta bisa dibedakan melalui nomor yang digunakan. Bahkan ada yang menjadi galaksi terbesar dan terkecil di alam semesta.