Nova Tercepat di Dunia, Ini Fakta Tentang Hercules V1674

191
Nova Tercepat di Dunia
Ilustrasi Nova Tercepat di Dunia. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Nova tercepat di dunia telah sekelompok ilmuwan temukan dan tercatat. Arizona State University mengumumkannya pada bulan ini.

Penemuan tersebut sudah mereka lakukan pengamatan semenjak 12 Juni 2021. Sesudah nova Hercules melepaskan sebuah ledakan yang sangat terang. Dengan begitu, dari bumi bisa melihatnya dengan menggunakan teropong bahkan mata telanjang.

Sebagai informasi, sebuah nova bisa tercipta karena adanya katai putih (bintang mati). Kata putih itu menyerap materi bintang pendamping yang ada di dekatnya.

Fakta Tentang Nova Tercepat di Dunia

Seiring waktu berjalan, bintang kecil menyedot materi dari bintang pendampingnya tersebut. Sehingga menjadikan materi tersebut jatuh ke katai putih serta mengakibatkannya memanas.

Selanjutnya, panas itu mengakibatkan sebuah reaksi eksplosif yang meluncurkan materi berkecepatan hampir sama dengan kecepatan cahaya. Kemudian meluncurkan sebuah ledakan energi yang kita kenal dengan sebutan nova.

Harapan dari para ahli Arizona States University yang melakukan pengamatan ini adalah bisa membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang lebih besar. Mengenai kimia tata surya kita, kematian bintang, maupun evolusi dari alam semesta ini. 

Nova bisa memberitahu manusia lebih banyak mengenai bagaimana bintang di dalam sistem biner berevolusi sampai mati. Suatu proses yang tak dipahami dengan baik. 

Mereka juga berguna sebagai laboratorium hidup. Dimana para ilmuwan bisa menyaksikan fisika nuklir beraksi. Selain itu juga menguji konsep-konsep teoritis.

Nova yang bisa Anda amati saat ini redup untuk disaksikan oleh jenis teleskop lain. Namun masih bisa diamati oleh teleskop bermata besar. Berkat pemindai modern serta aperture lebar. 

Professor Starfield dan teman saat ini berencana menyelidiki penyebabnya. Proses penyebabnya, alasan penurunan rekor, serta kekuatan di balik angin yang diamati dan kecerahan yang berdenyut.

Berikut ini merupakan fakta dari Hercules V1674, nova tercepat di dunia yang pernah tercatat oleh ilmuwan, melansir dari BGR.

Memudar dalam Sehari

Pada saat nova tersebut terbentuk, biasanya membutuhkan waktu berminggu-minggu. Bahkan lebih lama supaya semburan cahaya terang yang berasal dari nova tersebut memudar. 

Akan tetapi, berdasarkan pemaparan peneliti nova Hercules V1674 sudah memudar hanya dalam waktu kira-kira satu hari. Mengalahkan nova sebelumnya yang baru menghilang setelah 3 hari.

Nova Tercepat

Sebelum ini, nova tercepat yang pernah tercatat oleh ilmuwan butuh waktu beberapa hari untuk memudar. Hal tersebut menjadikan nova Hercules V1674 disebut sebagai kejadian langka. Pasalnya nova itu hanya butuh waktu sehari saja untuk memudar.

Peristiwa ini sangatlah meninggalkan kesan untuk para peneliti. Hal itu membuat mereka percaya bahwa nova Hercules V1674 merupakan nova tercepat di dunia yang pernah tercatat.

Mengeluarkan Gema

Kendati begitu, memudar dengan waktu cepat ternyata bukan satu-satunya hal yang luar biasa terkait sistem tersebut. Ya, fakta mengejutkan dari output energi serta cahaya dari nova Hercules V1674 ini adalah mengeluarkan gema. Gema tersebut menyerupai bunyi gong pada saat dipukul.

Terjadi Guncangan Tiap 501 Detik

Bukan hanya itu, guncangan yang terjadi pada nova tiap 501 detik tersebut bisa Anda lihat. Baik di dalam cahaya tampak maupun sinar-X. Para peneliti pun mengungkap, pada saat terjadi ledakan, nova tersebut mengeluarkan material. Kemudian, aliran keluarnya terbentuk oleh angin dan kelihatannya bergantung di posisi katai putih itu.

Para ilmuwan masih belum bisa sepenuhnya memahami hal tersebut. Akan tetapi, sedikit mempelajari sehubungan fenomena kosmik ini, harapannya Anda bisa memahami alam di sekitar. Bahkan Ada bisa belajar semakin banyak mengenai kehidupan di bumi terbentuk, termasuk nova tercepat di dunia.