Penyebab Internet Down dan Kunci Mengatasinya dengan Mudah

282
Penyebab Internet Down dan Kunci Mengatasinya dengan Mudah
Ilsutrasi Penyebab Internet Down. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Penyebab internet down khususnya di wilayah perkotaan seringkali menjadi pertanyaan. Kenapa wilayah yang infrastrukturnya mungkin sudah sangat maju masih mengalami kendala jaringan error?

Memang internet saat ini rasanya sudah menjadi kebutuhan pokok dalam hidup. Kita dapat melakukan hal apapun melalui internet.

Sebab itulah, internet yang error atau down secara tiba-tiba sangat menjengkelkan. Berikut penyebabnya!

Berikut Ini Penyebab Internet Down

Internet adalah singkatan dari Interconnected Network. Secara sederhananya, internet adalah sebuah sistem komunikasi.

Sistem komunikasi yang ada berfungsi untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya. Internet bukanlah sesuatu yang baru.

Sejak sebelum tahun 2000 an, sebenarnya jaringan internet sudah ada. Namun, memang tidak secanggih dan seumum sekarang. Bahkan, evolusi internet tergolong cukup cepat.

Keberadaan internet mempermudah manusia untuk saling berhubungan, bahkan ke orang lain di seluruh dunia. Internet bagai dunia tanpa batas yang memiliki segalanya.

Semenjak terjadinya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, kebutuhan dari internet semakin bertambah. Adanya aturan larangan tatap muka membuat komunikasi satu-satunya melalui internet seluler.

Berbagai kegiatan, mulai dari sekolah hingga bekerja dilakukan melalui bantuan internet. Namun, terkadang jaringan internet seringkali tidak stabil, atau bahkan down.

Hal itu tentunya sangat menjengkelkan, terlebih jika kita masih memiliki beberapa tugas atau pekerjaan. Lantas, apa penyebab dari internet yang error?

Biasanya, penyebab internet down adalah mati listrik. Hal itu karena saat mati listrik, penerima tower (cell tower) atau base transceiver station (BTS) provider jaringan juga ikut mengalami gangguan.

Dalam bekerja membagi jaringan internet, tentunya membutuhkan jaringan listrik untuk menyalakan. Karena itulah, ketika mati lampu bisa menyebabkan hilang jaringan tiba-tiba.

Penyebab lainnya juga bisa jadi karena sinyal tidak mencakup daerah tertentu. Misalnya, saat traveling ke wilayah baru tiba-tiba hilang jaringan.

Sudah pasti itu karena wilayah tersebut tidak terjangkau oleh provider yang kita gunakan. Oleh karena itu, sebelum traveling, terlebih ke wilayah terpencil lebih baik cari tahu terlebih dahulu provider apa yang menjaman wilayah tersebut.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Jaringan Down?

Saat jaringan down jangan panik dulu. Jika penyebab jaringan down seperti yang sudah disebutkan di atas, maka Anda bisa lebih tenang.

Namun, ketika tidak terjadi pemadaman listrik dan jaringan tetap down bisa jadi ada masalah di ponsel atau memang provider yang digunakan sedang mengalami perbaikan. Bisa jadi ada kabel internet yang terputus akibat tumbangnya pohon sehabis hujan angin.

Tidak menutup kemungkinan gangguan lainnya dari pihak operator internet yang membutuhkan perbaikan. Untuk mengetahuinya, kita bisa menghubungi call center operator jaringan.

Lain cerita jika masalah ada di pengaturan jaringan ponsel kita. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengecek pengaturan.

Jika mode pesawat aktif, maka cepat-cepat mematikannya. Setelah itu, nyalakan kembali data ponsel. Anda juga bisa menghidupkan kembali ponsel (restart). Ponsel yang error terkadang juga mempengaruhi koneksi jaringannya.

Ketika sudah melakukan semuanya namun jaringan tetap down, maka tunggu terlebih dahulu. Untuk antisipasi Anda bisa menggunakan dua kartu agar bisa bergantian.

Setiap provider jaringan mengalami gangguan berbeda-beda. Ada yang saat hujan langsung terjadi gangguan namun saat mati listrik biasa saja, ada pula yang sangat jarang, kecuali saat mati listrik.

Penyebab internet down berbeda-beda. Jika terjadi, maka tidak perlu panik. Cukup tunggu atau membeli kartu cadangan dengan provider lain yang saat itu tidak gangguan untuk menjadi cadangan seterusnya.