Cara Cek Spesifikasi Hp dengan Cepat Tanpa Aplikasi Tambahan

225
Cara Cek Spesifikasi Hp dengan Cepat Tanpa Aplikasi Tambahan
Ilustrasi Cara Cek Spesifikasi Hp. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Cara cek spesifikasi HP secara mandiri dengan lengkap? Tentu bisa, bahkan mungkin wajib Anda lakukan.

Sebab, semua orang memang memiliki HP. Namun tidak semua dari mereka mengetahui spesifikasinya. Padahal, hal itu sangat penting.

HP saat ini sudah menjadi barang wajib setiap orang. Itu karena HP memiliki peran penting di kehidupan.

Jika dulu mungkin HP hanya sekedar untuk berkomunikasi jarak jauh, saat ini sudah lebih dari itu. Saat ini HP bisa menjadi sarana pembelajaran jarak jauh tanpa tatap muka.

Melihat dari fungsinya yang penting, Anda tentu harus tahu spesifikasi HP untuk mengetahui apakah perangkat masih mumpuni atau tidak untuk aktivitas. Berikut cara mengetahuinya dengan mudah.

3 Cara Cek Spesifikasi HP Tanpa Aplikasi

Mengetahui spesifikasi HP rasanya sangat penting. Sebab, dengan begitu Anda bisa tahu apakah HP yang dimiliki menunjang aktivitas atau tidak.

Namun, beberapa orang nyatanya masih banyak yang belum mengetahui hal ini. Padahal caranya sangatlah mudah.

Anda bahkan tidak perlu mengunduh aplikasi atau semacamnya untuk mencari tahu spesifikasi HP Anda. Anda dapat melihat cek spesifikasi HP dengan cara berikut ini.

Melalui Dus HP

Cara pertama ini sangat mudah, namun banyak orang yang tidak terpikirkan melakukannya sebelumnya. Saat membeli HP, tentunya HP akan datang bersama dus.

Dus tersebut sebenarnya berfungsi sebagai pembungkus, yaitu untuk melindungi HP beserta aksesoris di dalamnya. Tidak hanya itu, di dalam dus juga tersedia informasi lengkap mengenai HP tersebut.

Tidak perlu mengutak-atik lebih jauh karena tepat di luar dus terdapat label yang sudah memuat informasi mengenai spesifikasi produk secara lengkap.

Melalui Menu Setting di Dalam HP

Jika dus penjualan hilang, maka Anda bisa melakukan cara cek spesifikasi HP berikutnya, yakni melalui menu setting. Cara ini juga masih tergolong mudah.

Langkah pertama untuk melakukan ini adalah pergi ke menu “Pengaturan” atau “Settings”. Setelah terbuka, Anda akan menemukan banyak sekali menu.

Tidak perlu khawatir dan terlalu panik, Anda bisa mencari dengan teliti pilihan “Tentang Ponsel” atau “About Ponsel”. Pada beberapa HP, menu ini juga bisa memiliki nama “Info Perangkat”.

Setelah terbuka, maka selanjutnya pilih menu “Keseluruhan Informasi” atau “Info Perangkat Lunak” yang tertera di layar untuk mengetahui spesifikasi HP secara keseluruhan.

Melalui IMEI HP

Setiap HP yang diperjual belikan memiliki IMEI mereka sendiri. IMEI merupakan sebuah kode atau nomor identitas khusus untuk mengidentifikasi sebuah perangkat HP.

Hal itu bertujuan untuk mengetahui bahwa HP yang Anda miliki itu merupakan perangkat resmi dan bukan ilegal. Siapa sangka bahwa Anda juga bisa melakukan cara cek spesifikasi HP melalui kode IMEI ini.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui nomor IMEI terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda hanya perlu pergi ke menu “Telepon” atau “Dial Up” di HP.

Setelah itu Anda bisa langsung memasukkan kode *#06# kemudian klik “Dial” seperti halnya cek pulsa. Ketika loading selesai, maka akan muncul nomor IMEI di layar yang terdiri dari 14-15 digit.

Jika sudah mendapatkan nomor IMEI, langkah selanjutnya adalah pergi ke website imei.info. Masukkan kode IMEI HP Anda dan klik “Check” di sisi kanan kolom. Website akan loading beberapa saat sebelum akhirnya memberikan informasi umum mengenai HP Anda.

Penting untung Anda melakukan cara cek spesifikasi HP untuk mengetahui apakah perangkat Anda masih mendukung aktivitas atau tidak. Sebab, HP juga memiliki batas update dan jika sudah terlalu lama akan mengalami penurunan performa.