SpaceX Siapkan Misi Artemis III dengan NASA, Buat Baju Astronaut Baru!

196
SpaceX Siapkan Misi Artemis III dengan NASA Buat Baju Astronaut Baru!
Ilustrasi SpaceX Siapkan Misi Artemis III. Foto: Ist/Net

Texno.ID – SpaceX siapkan misi Artemis III semakin matang. Adapun persiapan dari misi ini sendiri juga sudah berjalan sejak lama.

Bulan menjadi objek luar angkasa penelitian manusia sejak dulu. Bahkan, bulan menjadi objek luar Bumi pertama yang berhasil manusa datangi.

NASA saat ini tengah melakukan sebuah misi perjalanan ke bulan. Misi dengan nama Artemis III ini akan berjalan dengan waktu dekat. Bagaimana persiapannya?

NASA dan SpaceX Siapkan Misi Artemis III

Mengirim manusia ke bulan memang tidak mudah. Namun, NASA sebagai pusat badan astronomi yang paling berpengaruh di dunia tidak menjadikan kesulitan itu sebagai hambatan.

Sejak beberapa waktu lalu NASA tengah mempersiapkan misi perjalanan bulan mereka. Misi dengan nama Artemis III ini perlu persiapan yang matang karena akan mengirim manusia.

Keterlibatan manusia inilah yang membuat NASA harus meningkatkan persiapan mereka karena kesalahan kecil dapat berakibat sangat fatal.

Pembuatan Baju Astronot

Progres persiapan misi Artemis III milik NASA terlihat dari pembuatan baju astronot terbaru.

Dalam misi pengiriman manusia ke bulan ini NASA akan memberikan pakaian luar angkasa baru untuk astronaut mereka yang terlibat.

Pada hari Rabu, 1 Juni 2022 lalu NASA secara resmi telah memilih Axxim Space dan Collins Aerospace untuk mengembangkan pakaian anatarika mereka yang baru.

Ini termasuk ke dalam salah satu bentuk SpaceX siapkan misi Artemis III. Baju ini nantinya kana astronaut NASA gunakan dalam misi ke bulan dan Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS.

Desain pakaian luar angkasa yang saat ini para astronot di ISS gunakan sudah berusia puluhan tahun dan telah melewati masa jayanya.

Sebelumnya juga NASA telah mengerjakan setelah baru untuk astronaut mereka serta menunjukkan prototipe patriotik pakaian tersebut.

Pakaian luar angkasa tersebut nantinya akan para astronaut gunakan untuk berjalan di permukaan bulan atau disebut sebagai Exploration Extravehicular Mobility Unit (xEMU) pada 2019.

Namun, laporan 2021 NASA mengungkap bahwa badan antariksa tersebut menunda pengembangan pakaian antariksa sebelum akhirnya kini menyerahkan tanggung jawab sepenuhnya kepada Axiom dan Collins.

Keterlibatan Elon Musk

Sebelum NASA mengungkap secara resmi pihak yang bertanggung jawab terhadap pembuatan pakaian antariksa, sebelumnya Elon Msk juga pernah menawarkan diri.

Tahun lalu Elon Musk menarakan untuk mengembangkan pakaian antariksa untuk NASA. Akan tetapi, kini NASA tidak menyebutkan perusahan tersebut sebagai salah satu penyedia.

Axiom Space juga diketahui bekerja dengan Elon Musk guna meluncurkan crew pribadi yang pertama menuju ISS pada awal tahun 2022 ini, sebelum SpaceX siapkan misi Artemis III bersama NASA.

Perusahaan saat ini sedang mengerjakan pengembangan proyek stasiun komersial terbaru luar angkasa. Hal itu tentu saja membuat mereka memerlukan pakaian antariksa dalam rencana orbit Bumi yang rendah.

Melansir dari CNET, pakaian astronaut terbaru yang akan NASA kembangkan ini harus lebih fleksibel. Tidak hanya itu, pakaian juga harus mampu mengakomodasi berbagai ukuran tubuh para astronaut.

Sebelum kontrak dengan NASA, Collins juga pernah bekerja sama dengan mitra ILC Dover untuk mengembangkan baju antariksa untuk generasi berikutnya.

ILC Dover sendiri merupakan perusahaan yang terkenal sebagai pemasok pakaian luar angkasa untuk program Apollo san ISS.

Adapun Axiom dan Collins berniat untuk mendemonstrasikan kostum astronot terbaru mereka pada 2025 mendatang.

Menyiapkan pakaian astronaut baru hanyalah satu dari berbagai bentuk SpaceX siapkan misi Artemis III. NASA tentu saja harus mempersiapkan misi keberangkatan manusia ke bulan ini dengan matang agar dapat berjalan lancar dan tidak menimbulkan kerugian.