Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Perantaranya, Simak Berikut Ini!

571
Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Perantaranya, Simak Berikut Ini
Ilustrasi macam-macam penyerbukan berdasarkan perantaranya. Foto: Ist/Net

Texno.ID –  Macam-macam penyerbukan berdasarkan perantaranya terjadi pada tanaman. Penyerbukan pada tanaman memang berbeda-beda. Mulai dengan bantuan serangga, air, hingga manusia.  Tumbuhan menjadi salah satu makhluk hidup yang ada pada bumi.

Seperti halnya makhluk hidup yang lain, tumbuhan juga berkembang biak. Hal itu untuk dapat menciptakan keturunan. Proses untuk perkembangbiakan pada tumbuhan tidak akan lepas dari adanya penyerbukan. Penyerbukan merupakan peristiwa jatuhnya serbuk sari pada bagian kepala putik.

Inilah Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Perantaranya

Penyerbukan ini yang terjadi karena bantuan perantara pada proses penyerbukannya. Penyerbukan pada tumbuhan ini yang terbagi menjadi beberapa macam. Untuk itu ketahui beberapa macam penyerbukan pada tanaman berikut ini.

Penyerbukan dengan Bantuan Angin (Anemogami)

Penyerbukan ini memiliki istilah lainnya dengan anemogami. Jenis penyerbukan ini yang terjadi pada bunga tumbuhan dengan bantuan angin yang bertiup. Pada proses terjadinya, ketika serbuk sari tertiup angin, lalu terlepas dari tangkai dan dapat masuk ke kepala putik. 

Penyerbukan dengan bantuan angin biasanya terjadi pada bunga dengan mahkota kecil. Selain itu juga memiliki warna yang tidak mencolok.

Selain itu, jenis penyerbukan pada bunga ini biasanya tidak memiliki kelenjar madu (nektar). Ciri lainnya serbuk sarinya ringan, kepala putiknya besar, serta memiliki tangkai sari yang panjang. Bahkan juga memiliki jumlah serbuk sarinya yang banyak.

Beberapa tumbuhan dengan penyerbukan karena bantuan angin, seperti halnya kelapa, jagung, padi, rumput, kelapa sawit, serta yang lainnya.

Penyerbukan dengan Bantuan Hewan (Zoidiogami)

Macam-macam penyerbukan berdasarkan perantaranya lainnya yaitu zoidiogami. Penyerbukan ini terjadi karena menggunakan bantuan hewan. Hewan yang biasanya menjadi perantara penyerbukan yaitu serangga.

Seperti halnya kupu-kupu, lebah, burung, kelelawar, dan siput. Tumbuhan yang penyerbukannya dengan bantuan hewan cukup banyak. Seperti bunga mawar, bunga melati, bunga kenanga, bunga sepatu, pohon jeruk kingkit, dan yang lainnya.

Penyerbukan dengan Bantuan Air (Hidrogami)

Penyerbukan ini memiliki istilah lainnya dengan hidrogami. Jenis penyerbukan ini yang terjadi pada bunga tumbuhan dengan bantuan air.  Hal itu yang menjadikan serbuk sari jatuh ke kepala putik.

Proses terjadinya penyerbukan ini sebab bunga tumbuhan yang terendam air. Kemungkinan terjadi juga terkena oleh air hujan maupun tumpahan air yang lainnya. Sehingga, hal ini yang menjadikan serbuk sari menjadi rontok serta mendekat ke kepala putik.

Beberapa tumbuhan melakukan penyerbukan dengan bantuan air. Seperti halnya ganggang, hydrilla, dan yang lainnya.

Penyerbukan oleh Manusia (Antropogami)

Macam-macam penyerbukan berdasarkan perantaranya lainnya yaitu antropogami. Proses penyerbukan pada tumbuhan ini terjadi dengan bantuan manusia. Hal ini karena tidak adanya vektor yang dapat membantu penyerbukannya.

Tumbuhan yang penyerbukannya dengan bantuan manusia memiliki beberapa ciri-ciri. Seperti halnya serbuk sari dan kepala putik tidak dalam satu duduk bunga. Kepala putiknya tertutup, sehingga kepala putik tidak dapat masuk. Perlu untuk membukanya terlebih dahulu. Ciri lainnya serbuk sari sulit rontok.

Penyerbukan dengan adanya bantuan manusia, seperti pada buah naga, vanili, salak, labu, melon, serta semangka. Pada bunga salak dan vanili berkelamin tunggal, sehingga memiliki bunga jantan serta bunga betina.

Proses terjadinya penyerbukan salak dan vanili awalnya dengan memetik bunga jantan yang terdapat serbuk sari. Kemudian menempelkannya pada bunga betina yang sudah masak. Proses penyerbukan dengan bantuan manusia agar menghasilkan buah yang lebih banyak.

Adanya macam-macam penyerbukan berdasarkan perantaranya pada tumbuhan. Berbagai perantara tersebut akan membantu proses penyerbukan dengan baik.