Planet Terpanas di Tata Surya, Venus! Begini Fakta Menariknya

291
Planet Terpanas di Tata Surya, Venus! Begini Fakta Menariknya
Ilustrasi Planet Terpanas di Tata Surya. Foto: Ist/Net

Texno.ID – Planet terpanas di tata surya yaitu Venus. Di tata surya Venus menjadi planet terpanas karena terdekat kedua dari matahari.

Di mana memiliki suhu permukaan rata-rata 450 derajat Celcius. Sebenarnya untuk yang paling dekat dengan matahari itu Merkurius, namun suhunya tidak sepanas di planet Venus. Begini faktanya.

Fakta Menarik Tentang Planet Terpanas di Tata Surya

Dalam sistem tata surya ada banyak planet yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Seperti Bumi menjadi tempat tinggal makhluk hidup karena suhunya mendukung kehidupan.

Namun untuk planet-planet lainnya tentu memiliki suhu terlalu dingin atau terlalu panas. Namun untuk planet terpanas ternyata justru bukan yang memiliki posisi paling dekat dengan matahari. Bahkan planet terdingin pun bukan planet es terbesar.

Kali ini kami akan membahas planet terpanas yaitu Venus. Meski Merkurius menjadi planet terdekat dengan matahari, namun sebagian besar orang belum tahu jika suhu panas di Venus jauh lebih tinggi.

Adapun beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi. Adapun fakta menarik yang bisa menunjukkan jika Venus adalah planet terpanas.

Alasan Venus Lebih Panas dari Merkurius

Sebenarnya planet paling dekat dengan matahari bukanlah Venus. Namun terpanas, karena membutuhkan waktu 243 hari untuk berotasi. Berbeda dengan Merkurius yang mampu mengatur atmosfer suhunya sendiri. 225 hari untuk berevolusi mengelilingi matahari.

Ukuran planet Venus berdiameter hampir sama dengan bumi. Diameternya yaitu 12.102 km untuk Venus dan bumi yaitu 12.742 km. Venus menjadi planet terpanas karena tutupan awannya. Atmosfer Venus sekitar 100 kali lebih tebal dari bumi.

Atmosfer Venus terdiri dari 96% karbondioksida, 3,4% nitrogen, 0,1-0,5% uap air dan sisanya gas lain. Venus memiliki suhu panas karena matahari. Atmosfer terus meradiasi dalam jumlah besar, dengan demikian perpindahan panasnya tidak efisien.

Banyaknya kandungan karbon dioksida dan sulfur pada atmosfer Venus membuat panas mampu terperangkap dalam atmosfer. Hal ini pernah dibuktikan jika pesawat luar angkasa tanpa awak yang berada di permukaan Venus akan hancur akibat suhu panas yang dimilikinya.

Planet KELT-9b Terpanas Lainnya

Selain planet terpanas di tata surya Venus, ada ilmuwan yang menyebutkan jika masih ada yang lainnya. Planet tersebut bernama KELT-9b. Planet ini jauh dari tata surya, lebih tepatnya sejauh 670 tahun cahaya.

November 2022 lalu ilmuwan tersebut mencatat planet terpanas ini mengorbit dekat dengan bintang. Hampir 2x lebih panas dari matahari. Suhu rata-rata planet tersebut mencapai 3.800 derajat Celcius lebih dari 6.800 derajat Fahrenheit.

Suhu tersebut mampu melelehkan tungsten bahan yang digunakan untuk pembuatan bola lampu filamen. Membuktikan jika suhu planet memang sangat panas melebihi planet Venus dan matahari.

Banyaknya planet selain bumi di sistem tata surya, namun yang paling panas adalah Venus. Selain menjadi yang terdekat kedua dengan matahari, Venus memiliki banyak kandungan atmosfernya. Sehingga planet terpanas di tata surya yaitu Venus.